Mengenal Dunia Sablon Digital

Bisnis berjualan kaos distro dan layanan sablon digital saat ini tengah berkembang dengan pesat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan trend di kalangan masyarakat muda yang ingin memiliki kaos dengan desain yang unik dan tampilan yang menarik. Semakin tingginya minat konsumen baju dan kaos distro ini diikuti oleh kemudahan mendapatkan alat produksi kaos yang berupa sablon digital. Dengan sablon digital, disain kaos yang sudah dibuat bisa lebih fleksibel , karena tidak ada biaya set-up mahal yang harus bisa dicover untuk jumlah produksi tertentu seperti cara sablon traditional (perlu minimum order). Dengan cara digital, biaya produksi untuk membuat per kaos selalu sama, apakah hanya membuat satu atau banyak. Perbedaannya hanya di biaya disain saja (artwork).

Sablon digital telah lama merambah di dunia fashion sejak puluhat tahun yang lalu. Geliat bisnis kreatif sablon digital memiliki peluang usaha yang bagus pada saat ini dan di masa depan. Apalagi ditunjang dengan modal untuk memulainya yang relative terjangkau, tidak butuh listrik terlalu besar sehingga bisa dilakukan dari rumah. Dengan kemudahan prosesnya, jika anda bisa mencetak hasil disain anda dengan menggunakan printer melalui komputer, anda sudah bisa membuat kaos dengan sablon digital dengan sedikit tambahan mesin press kaos.

Pemilihan alat sablon digital mempengaruhi kelancaran bisnis menjual kaos distro yang Anda jalankan. Seringkali pelaku bisnis sablon digital mengalami kegagalan karena minimnya pengetahuan untuk mendapatkan mesin sablon digital yang berkualitas dengan harga terjangkau. Sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu terhadap paket sablon digital yang akan Anda pilih. Hal ini akan memakan waktu lebih lama namun dengan jaminan hasil yang lebih baik dibanding pembelian mesin sablon tanpa perencanaan.

Peralatan yang digunakan untuk membuat sablon digital pada kaos adalah :

1. Printer
Printer merupakan media yang akan kita gunakan untuk mencetak desain kaos yang telah di desain sebelumnya di komputer. Printer memiliki beragam ukuran area cetak mulai dari A2, A3, hingga A4 dengan harga yang bervariasi tentunya. Untuk ukuran, kami menyarankan menggunakan A2 karena ukurannya yang cocok untuk ukuran kaos kebanyakan. Untuk merk printer, sebaiknya gunakan Epson, karena sudah banyak diuji oleh pakar2 sablon digital.
Untuk mencetak ke kertas transfer, tinta yang digunakan bukan tinta seperti kita mencetak diatas kertas. Printer sablon memiliki tinta khusus yang disebut sublimation ink.

2. Sublimation Ink (Tinta Sublim)
Tinta sublim adatah tinta khusus sablon digital. Tinta ini pada umumnya masuk ke dalam kategori water based inks, tinta ini digunakan untuk proses sablon digital seperti kaos, mug, piring, keramik, dan sebagainya. tinta sublim adalah termasuk tinta koloid yang memliki konstruksi/struktur bahan yang disesuaikan dengan tinta printer epson. jadi tinta sublim adalah salah satu varian dari tinta pigment dengan kemampuan transfer. Sedangkan struktur tinta printer canon dan tinta epson terdapat perbedaan yaitu pada properti kimia dan fisikanya, seperti surface tension dan konduktivitasnya. Jadi kemungkinan besar tinta sublim yang ada saat ini tidak bisa digunakan untuk printer canon, karena memang tinta sublim saat ini dirancang untuk printer epson.

 3. Transfer Paper
Metode Transfer Paper adalah metode sablon digital yang menggunakan media kertas khusus yang sering disebut "Transfer Paper", di mana gambar/desain dicetak menggunakan printer ke kertas khusus tersebut kemudian diaplikasikan ke kaos menggunakan mesin hot press/heat press. Gambar yang dicetak dapat menggunakan format jpg, gif, ataupun format lainnya.

Jenis Transfer Paper di pasaran sekarang ini sangat beragam, mulai dari harga yang murah sampai yang cukup menguras isi kantong dan untuk jenis tertentu, kita dapat menggunakan setrika ketika mengaplikasikannya ke kaos, namun untuk hasil yang lebih memuaskan diharapkan tetap menggunakan mesin hot press/heat press.

 4. Mesin Hot Press / Heat Press
Mesin ini merupakan media utama dalam pembuatan kaos digitas. Mesin inilah yang digunakan sebagai media transfer tinta sublime ke kaos melalui transfer paper. Harga dan spesifikasi mesin juga beragam, mulai dari 2 jutaan hingga 7 jutaan untuk kualitas terbaik dengan fitur2 yang menjanjikan. Memakan listrik cukup banyak mulai dari 800 hingga diatas 1000 watt sekali press. Sehingga disarankan untuk menggunakan stavolt (pengatur arus) agar dapat berjalan baik. Karena jika mesin ini kekurangan arus listrik ketika sedang bekerja, maka hasil transfer akan terlihat jelek. Tipsnya, sesuaikanlah kebutuhan budget anda dengan pasokan daya listrik dirumah. Jangan sampai mesin yang anda beli, tidak bisa bekerja di rumah gara-gara pasokan listrik rumah anda tidak memadai untuk menjalankan mesin ini.

5. Media Sablon Digital
Ada banyak media sablon digital seperti musg, payung, gelas, topi, pin, ID card, dan lain-lain terutama kaos. Namun untuk kaos, disarankan memilih kaos yang memiliki bahan campuran polyster ya.. karena jenis bahan ini yang terbaik dalam menyerap tinta sublim. Harga-harga media transfer ini mungkin berbeda-beda di setiap toko. Tipsnya, cermat-cermat lah memilih toko dan harga yang ditawarkan.. karena dengan begitu, tentunya keuntungan yang didapat bisa lebih besar tentunya.


Gimana ?.. sekarang udah tau kan tentang dunia sablon digital ?.. :) Semoga penjelasan singkat tadi bisa menambah ilmu kamu ya..

Extra Tag - proses cara pembuatan sablon digital menjual alat-alat peralatan sablon digital teknologi sablon digital terbaru sablon digital kaos hitam gelap kaos terang peluang usaha sablon digital cara produksi sablon digital

2 komentar:

  1. UD. Pelita membuka “Peluang Usaha Bisnis Kalender” untuk:

    Distributor/ Agen Kalender
    Khusus Pedagan Kalender, seperti : Agen Kalender, Toko Kalender, Toko Bahan Cetak, Toko Kertas, Toko Sablon, atau agen-agen yang lain akan kami berikan harga grosir kalender. Bagi yang belum pernah berjualan kalender, tahun ini akan menjadi awal peluang usaha baru anda. kami akan support anda untuk memulai bisnis distributor kalendar. Jangan ragu hubungi
    kami segera di 085648043508. Ingat Bisnis Kalender Tidak Ada Matinya.

    Jika anda bergerak dalam bidang : Percetakan, Jasa Cetak, Jasa Setting, Jasa Sablon, Digital Printing atau apapun bidang usaha anda
    Anda bisa mengambil kesempatan ini.
    UD. Pelita membuka “Peluang Usaha Bisnis Kalender” untuk memasarkan KALENDER 2016.
    Dapatkan penghasilan tambahan jutaaan rupiah dengan Modal Kecil mendapat Hasil yang besar.
    Karena ada ribuan kantor/ perusahaan sudah menganggarkan dana setiap tahunnya untuk membuat kalender.

    Pembeli Kalender
    Manfaatkan moment ini dan jadikan kalender anda sebagai media promosi Toko, Kantor, Perusahaan , Sekolah, Kursus, dll
    sehingga bisa mempererat hubungan usaha anda dengan customer.
    Segera hubungi : 0321866411/ 085648043508 atau langsung ke kantor kami yang beralamat di: Jl KH. Hasyim Asyari no. 90 Jombang Jawa Timur, untuk mendapatkan penawaran harga khusus.

    BalasHapus
  2. kalo di kaos hasilnya kayak gini ya min?

    http://customsablon.com/galeri/portfolio/

    BalasHapus